Wednesday, May 20, 2015

Pelajaran yang Dapat Dipetik Dari Kekalahan Saat Bermain Game

Di dalam sebuah game pasti terdapat kalah, menang atau seri. Tentunya kalian sebagai gamers pernah merasakan semua kedaan itu, menang pastinya kalian merasa senang dan bangga, ketika keadaan seri dalam kompetisi di game, pastinya kalian merasa sedikit kecewa karena tidak bisa mengungguli musuh akan keahliannya walaupun dalam keadaan seri. Dan yang terakhir adalah suatu keadaan dimana kalian sebagai gamers pasti merasa kesal dan emosi, melampiaskan emosi dengan berteriak, ataupun dengan memukul sesuatu yang dekat dengannya, wussh... itu mungkin sudah kekalahan yang kronis, hehe..

Dalam keadaan kalah tersebut sebenarnya ada suatu hikmah dan keuntungan yang bisa kita ambil, nah apa saja sih? Bisa langsung dilihat dibawah!!!

1. Lebih Membuat Kita Berfikir

Sebuah kekalahan dalam sebuah game dapat membuat kita berfikir untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama dan membuat strategi baru dapat memenangkan sebuah game. Pastinya berfikir ini bisa membuat kita bertambah ahli lagi dalam memainkannya.

2. Membuat Lebih Semangat

Tiap kali kita kalah justru malah membuat kita lebih penasaran dan bersemangat untuk terus memainkan game-nya. Apabila kalah dalam sebuah kompetisi rasa kalah ini justru akan memacu semangat agar terus latihan.

3. Belajar Mengendalikan Emosi

Siapa yang senang jika kalah? Tentu hal ini akan membuat kita emosi. Ada baiknya belajar kalian mengontrol emosi yang menggebu-gebu tersebut sehingga nantinya tidak terbawa keluar. Emosi juga bisa membuat mood bermain game hilang bukan? 

4. Melatih Kesabaran

Ketika kalah, kita dilatih untuk sabar dan belajar membaca gerakan lawan. Dalam kompetisi dan bermain offline hal ini juga dapat digunakan karena tidak semua game membutuhkan sebuah keahlian saja tetapi dengan memanfaatkan timing yang pas juga dapat membalikkan keadaan. 

5. Belajar Menghargai

Ketika kalah, kita menjadi belajar untuk menghargai arti sebuah game baik dalam game online atau sebuah kompetisi. Jika kita kalah maka kita harus belajar untuk menghargai kekuatan lawan dan mengetahui keterbatasan kita. Sehingga lain kali kita dapat mengalahkannya.

Memang suatu kekalahan sering membuat kita emosi, tetapi alangkah baiknya kita bisa mengontrol emosi tersebut, tidak dengan cara yang tidak wajar seperti marah – marah sendiri, meng-ejek atau meng-olok musuh yang telah menang, dan sebaliknya mungkin diantara kalian banyak yang setelah memenangkan pertandingan dalam game bukannya merasa senang atau menasehati yang kalah agar lebih baik lagi malah ikut mengejek musuh yang telah kalah.


Saya juga sebagai gamers pernah melakukan itu, tetapi setelah saya pikir lagi apa gunanya meng ejek musuh yang telah kalah, lebih baik menasehati dan membuat semangat musuh yang kalah agar lebih berkibar lagi sehingga kita bisa mendapatkan sebuah teman dalam game, bukan mengumpulkan musuh dan memperjelek nama kita sendiri didalam game.

Sumber : kotakgame.com

No comments:

Post a Comment